Krakatau Steel Peduli Masyarakat

Krakatau Steel Peduli Masyarakat

Krakatau Steel Peduli Masyarakat - Memiliki perusahaan besar berskala multi nasional bahkan mampu menmbus pasar Internasional adalah cita - cita setiap perusahaan. Banyak cara dalam sejarah perjalanan panjang berdirinya perusahaan itu demi melakukan peningkatan di setiap sektor industri, guna meraih prestasi dan kepercayaan dalam kancah persaingan industri perdagangan. Tidak sedikit yang mengalami kegagalan, bangkrut ataupun gulung tikar. Namun banyak pula nama - nama perusahaan besar di Indonesia yang sukses hingga saat ini menempatkan diri dalam jajaran industri ternama di tanah air, contohnya seperti PT. Krakatau Steel. Untuk lebih mengenal seperti apa perusahaan ini, berikut saya telah rangkum review singkat mengenai keberadaannya di Indonesia.

Krakatau Steel Peduli Masyarakat

Bermula dari ide sang Proklamator yaitu Bung Karno di era 1960-an yang menginginkan di bangunnya proyek pembuatan besi baja di Nusantara akhirnya melalui gagasan itu berdirilah PT Krakatau Steel sepuluh tahun kemudian. Alasan di bangunnya perusahaan ini adalah wujud nyata dari kemauan putra putri bangsa untuk mendirikan industri nasional yang sempat terhenti karena faktor ekonomi negara. Melalui pemikiran panjang para arsitek muda Indonesia untuk menciptakan produksi baja terbesar dan terpercaya akhirnya pada tanggal 31 agustus 1970 di resmikanlah perusahaan tersebut oleh Bapak Presiden Soeharto. Dengan agenda melanjutkan kembali pembangunan yang tertunda serta memanfaatkan fasilitas peninggalan Proyek Besi Baja Trikora yang pernah terbengkalai lama. Untuk menunjang efektifitas kerja karyawan Krakatau Steel turut didirikan pula Primer Koperasi Karyawan Krakatau Steel (PRIMKOKAS) yang secara resmi mendapat pengesahan Badan Hukum oleh Departemen Koperasi Republik Indonesia pada tanggal 26 Desember 1979 yang tertuang melalui Surat Keputusan Badan Hukum Nomor : 6987/BH/DK-10/6. Adapun tujuan dibentuknya koperasi ini adalah sebagai pemersatu terciptanya kesamaan tujuan karyawan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

PT Krakatau Steel melalui moto Krakatau Steel Peduli Masyarakat lambat laun mulai menunjukkan eksistensinya. Mereka mampu mendongkrak populeritas di Indonesia dengan terus mengembangkan berbagai fasilitas industri seperti Pabrik Besi Spons, Pabrik Billet Baja, Pabrik Batang Kawat, serta fasilitas infrastruktur berupa pembangunan pembangkit listrik, program penjernihan air, mendirikan Pelabuhan Cigading serta berhasil menempatkan namanya menjadi yang pertama dan satu - satunya perusahaan baja Terpadu di Nusantara.

Bukan itu saja, perusahaan ini terus melaju pesat menambah produksi mereka dengan menciptakan berbagai industri jenis baru seperti baja lembaran panas, baja lembaran dingin dan batang kawat. Dan hingga detik ini, perusahaan ini telah berhasil memproduksi baja kasar sebesar 2,45 juta ton/tahun. Hal ini tentunya membawa nama Krakatau Steel sebagai industru baja nasional yang mampu menembus pasar Internasional dengan menjual kualitas, pelayanan dan tanggungjawab membesarkan nama negara. Perkembangan demi perkembangan terus dilakukan, seperti menciptakan produksi baru yang tak kalah saing dengan kualitas barang impor seperti :
Produk baja bernilai tambah tinggi (pipa spiral, pipa ERW, baja tulangan dan baja profil)
Industri Utilitas (air bersih dan tenaga listrik)
Industri Infrastruktur (pelabuhan dan perluasan kawasan industri)
Industri jasa teknik (konstruksi dan rekayasa)
Teknologi informasi
Serta layanan kesehatan berupa pnedirian rumah sakit.

Dari perjalanan panjang di atas akhirnya PT Krakatau Steel berhasil mengantongi pengakuan internasional akan kualitas dan pelayanan yang mereka tunjukkan. Pada tahun 1973 diperolehlah Sertifikat ASTM A252 dan AWWA C200, serta pada 1977 diperoleh pula Sertifikat API 5L untuk produksi pipa spiral. Sedangkan Sertifikat ISO 9001 diperoleh mereka pada tahun 1993 dan telah ditingkatkan menjadi ISO 9001:2000 pada tahun 2003. Sementara itu, SGS internasional memberikan Sertifikat ISO 14001 pada 1997 atas komitmen Perseroan pada kesadaran lingkungan dan keselamatan kerja sebagai bentuk Peduli Masyarakat.

Puncak dari rentetan keberhasilan ini paling terasa di tahun 2010, ditengah kondisi pasar yang tidak menentu, PT Krakatau Steel berhasil memperoleh pengakuan kembali sebagai perusahaan terbuka dengan melaksanakan penawaran umum perdana (IPO) dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia. Pada 2011, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. membukukan pendapatan bersih sebesar US$ 2.032,85 juta dan laba bersih US$ 151,34 juta. Dan perseroan juga anak perusahaan dengan aset senilai US$ 2.398,08 juta memiliki 8.066 orang karyawan. Tentunya hal ini membawa kebanggan bagi kita sebagai masyarakat, ternyata industri dalam negeri juga memiliki kualitas dan tak kalah saing dengan barang luar negeri.

Krakatau Steel Peduli Masyarakat

Untuk menunjang keberhasilan kerja keras para karyawan Krakatau Steel maka pada tanggal 18 Mei 1999 diselenggarakan lah Rapat Umum Anggota yang di pimpin oleh Brahmono. Hasil rapat tersebut diperoleh sebuah keputusan baru yaitu membentuk sebuah organisasi Serikat Karyawan Krakatau Steel (SKKS) dengan Ketua Umum SKKS Pertama, Purwo Jatmiko.

Oke sob, mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan mengenai review singkat keberadaan PT Krakatau Steel di Indonesia. Semoga saja artikel Kontes SEO Milad KS-SKKS 2016 berjudul Krakatau Steel Peduli Masyarakat ini dapat menjadi salah satu pendukung bagi perushaan ini untuk terus menciptakan inovasi baru dibidang industri baja, agar kiranya nama Indonesia terus menerus mendapat pengakuan dan kerjasama dagang dari negera - negara lainnya.

Posted by Edit Post

Desain Sertifikat
Random PostsLainnya...

    0 comments: